Guru Profesional Ciptakan Pendidikan Bermutu dan Bermartabat


Guru adalah profesi yang sangat terhormat. Profesi mulia di mata Sang Pencipta dan juga manusia. Guru adalah sosok manusia yang selalu jadi panutan dalam segala hal di lingkungan pendidikan maupun masyarakat. Tidak semua orang bisa menjadi guru, kecerdasan intelektual, emosional dan kompetensi khusus menjadi syarat mutlak yang wajib ada pada dirinya sehingga mampu mendidik, membina dan mengembangkan minat dan bakat generasi muda bangsa menjadi generasi emas yang membanggakan Negara.

Guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan Pendidikan sebagai usaha untuk memberdayakan manusia supaya mampu berpikir kreatif, mandiri, dapat membangun dirinya juga masyarakatnya tidak akan berlangsung sesuai harapan tanpa adanya guru. Kemajuan dan kejayaan sebuah Negara dan perkembangan ilmu pengetahuan dan penemuan teknologi yang meningkatkan kesejahteraan hidup manusia adalah hasil dari pendidikan, dimana peran penting guru sebagai ujung tombak pendidikan tidak dapat dipungkiri kebenarannya.

Pendidikan bermutu dan bermartabat adalah pendidikan yang memberikan pencerahan kepada segenap generasi muda bangsa. Sebuah pendidikan yang berlangsung dalam proses yang benar dan diselenggarakan oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang bertanggung jawab di bawah pengawasan instansi terkait sebagai wujud dari pelaksanaan amanat undang-undang dan peraturan pemerintah, dimana peserta didik mendapatkan haknya untuk dididik, dibina dan dikembangkan sesuai minat dan bakatnya sehingga menjadi lulusan yang tak hanya cerdas secara intelektual dan kompetitif semata, tetapi juga memiliki kematangan emosional serta kepribadian yang selaras dengan nilai-nilai agama dan Pancasila sebagai palsafah hidup bangsa Indonesia.

Pendidikan bermutu dapat terealisasi jika segenap insan pendidikan (tenaga pendidik) berperan aktif mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Di sekolah, keberhasilan upaya mewujudkan pendidikan bermutu dan bermartabat sangat ditentukan adanya guru yang bekerja professional. Dalam penjelasan Undang-undang Guru dan Dosen No.14/2005 dinyatakan bahwa guru profesional adalah guru yang memiliki kompetensi atau kemampuan meliputi kompetensi, pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dengan empat kompetensi yang dimilikinya itu, seorang guru akan berperan optimal dalam mendidik, membina dan mengembangkan minat dan bakat generasi muda melalui proses pendidikan yang jauh dari penyimpangan yang menciderai essensi pendidikan sebagaimana dikemukakan Azizy (2004) bahwa essensi pendidikan adalah adanya proses transfer nilai, pengetahuan dan keterampilan dari generasi tua kepada generasi muda agar generasi muda dapat mampu hidup dan Ki Hajar Dewantara, pendiri perguruan Taman Siswa yang mengemukakan pendidikan menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak- anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mendapat keselamatan dan kebahagiaan setinggi- tingginya.

Pendidikan yang bermutu dan bermartabat pada akhirnya berujung pada keinginan luhur yaitu menyiapkan peserta didik agar menjadi insan yang cerdas, terampil, bermanfaat dan berbudi pekerti luhur sehingga menjadi pribadi yang bermartabat dan berkualitas. Cita-cita luhur tersebut akan terwujud dengan keberadaan guru profesional.

 

Mari diskusi 👌 

Posting Komentar