Arti Sukses


“Yes, yes, yes,…..” teriak seorang striker seraya mengepalkan tangan ke udara tatkala berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan. Ekspresi suporter pun tak kalah heboh menyambutnya, ada yang mengelu-elukan si pencetak gol, mengibarkan bendera tim, menyanyikan hyme kesebelasan atau sekadar berjingkrak-jingkrak kegirangan. Seorang pelatih senam menyuntikkan semangat kepada atlit binaannya yang menunggu panggilan berlaga “selamat berjuang, semoga sukses”. Guru, profesi yang lebih populer dengan gelar pahlawan tanpa tanda jasa beda lagi. Pendidik anak bangsa ini mengucapkan “semoga sukses nak” sebagai doa dan dukungan moral kepada anak didiknya yang menghadapi ujian nasional. Histeria penonton bola, pesan pelatih senam dan doa guru hanyalah contoh ekspresi kegembiraan dan harapan dalam kehidupan yang mungkin pernah kita lihat atau bahkan kita alami sendiri.

Ada pertanyaan menarik ketika kita memperhatikan, keberhasilan striker mencetak gol, isi pesan pelatih kepada atlit yang akan mengikuti lomba, atau nasehat guru kepada siswa yang akan menghadapi ujian, “apakah sukses itu?”, apakah mencetak gol ke gawang lawan, meraih medali emas di kejuaraan olah raga atau lulus ujian nasional bukti kesuksesan?. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan tahun 2001, halaman 1099 edisi ke-3, sukses berarti berhasil; beruntung. Sedangkan dalam kamus bahsa Inggris karya John M.Echols dan Hassan Shadily, kata success terdapat di halaman 566 yang berarti keberhasilan. Menggunakan arti yang terdapat dalam kedua kamus tersebut, pernyataan “apakah sukses itu” telah terjawab. Secara Bahasa, sukses berarti berhasil atau keberhasilan. Kita telah menemukan arti kata sukses secara Bahasa yakni berhasil atau keberhasilan. Namun, makna kesuksesan setiap orang tidak sama. Sukses bagi si A belum tentu bagi si B, begitupun sebaliknya.

Ilustrasi berikut akan memudahkan kita memahami makna kesuksesan. Di awal semester, Bagus dan Aziz menargetkan nilai A untuk mata kuliah English For Specific Purposes. Pengumuman hasil ujian akhir menunjukkan nilai A yang mereka harapkan terwujud. Merujuk arti kata yang terdapat dalam KBBI dan kamus Hassan Shadily, maka Bagus dan Aziz telah meraih kesuksesan karena mereka telah berhasil meraih target yang diinginkannya.

Mari diskusi

Posting Komentar