Pekerja Keras yang Cerdas

 


Pernahkah Anda melihat seseorang yang kariernya sukses?. Seseorang yang punya banyak pengalaman, dan rekam jejak yang membanggakan?. Orang tersebut pasti mencapainya tidak dengan mudah. Dia meraih semua impiannya dengan kerja keras. Kerja keras adalah suatu kegiatan kerja yang dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh seseorang tanpa lelah dan menyerah sampai suatu tujuan yang telah ditentukan tercapai. Seorang pekerja keras sering dianggap sebagai workholic. Dia merupakan sosok yang terus bekerja keras, menjadi baik dan melakukan yang terbaik.

Menjadi orang yang sukses tidak cukup hanya dengan mengandalkan kerja keras semata. Untuk mencapai kejayaan, seseorang harus bekerja dengan keras dan cerdas, dan agar hati menjadi tenang, maka dalam bekerja, hati harus dipenuhi dengan rasa keikhlasan Seorang pekerja keras yang cerdas memiliki karakter yang menonjol. Ada banyak ciri pekerja keras yang cerdas, di antara ciri-ciri tersebut adalah:

1.        Selalu Berdoa Kepada Yang Maha Kuasa

Hati harus selalu terikat kepada Sang Pencipta. Oleh sebab itu, sebelum melakukan sesuatu, kita diperintahkan untuk berdoa kepada Allah Swt. Ini sangat penting agar setiap langkah kita senantiasa dalam keridhaan dan perlindungan Sang Maha Pencipta. Seorang pekerja keras yang cerdas tidak akan lalai dari berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

2.        Meminta restu orang tua

Apabila kita ingin selamat dan hidup yang tentram, maka maka doa orang tua adalah hal teramat penting yang harus kita dapatkan. Doa orang tua dikabulkan Allah Swt. Pribadi yang cerdas akan selalu minta doa restu orang tua agar selamat dunia dan akhirat.

3.        Memiliki Motivasi yang kuat

Seseorang yang memiliki motivasi kuat untuk sukses, tidak akan mundur dari tanggung jawab, terlebih lagi hanya karena permasalahan-permasalahan yang dihadapinya di kantor. Tanpa motivasi yang kuat, maka sukses hanyalah sebuah mimpi yang sulit diwujudkan.

4.        Memiliki Inisiatif          

Seorang pekerja keras yang cerdas tidak akan membiarkan dirinya terhenti dari pekerjaan yang telah mulai dikerjakannya. Jika terkendala problem, maka dia akan berinisiatif mencari solusi. Misalnya  bertanya kepada rekan kerja atau seniornya untuk mengatasi masalah, atau memanfaatkan setiap peluang yang didapat untuk mengembangkan potensi diri dan kompetensi yang dimilikinya.

5.    Menghargai Waktu

Waktu takkan bisa diputar mundur. Oleh sebab itu, sebuah kerugian besar jika kita menyia-nyiakan waktu. Seorang pekerja keras yang cerdas memahami ini dengan baik, sehingga  dia akan disiplin/ tepat waktu dalam bekerja.

6.    Mampu menetapkan prioritas

Ketika berkomitmen untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang pekerja keras yang cerdas memprioritaskan hal yang harus dilakukannya terlebih dahulu. Setiap aktivitas selalu direncanakan dengan matang agar pelaksanaanya tepat waktu dan efisien.

7.        Pantang Menyerah

Tidak ada sesuatu yang berharga dapat diraih dengan cara instan. Kerja kerjas dan pengorbanan adalah harga yang harus dibayar. Siapapun yang tidak sanggup, akan mundur teratur atau “dipaksa” tersungkur. Seorang pekerja keras yang cerdas tidak akan menyerah dalam menghadapi masalah. Dia akan menuntaskannya hingga selesai.

8.        Dapat bekerja sama dan tidak emosional/ Baperan.

Seorang pekerja keras yang cerdas adalah pribadi yang mampu bersosialisasi dengan baik hingga dapat bekerja sama dalam sebuah tim untuk melakukan tugas/ pekerjaannya dengan penuh rasa tanggung jawab. Dalam dunia kerja, kemungkinan terjadi salah paham yang menyulut emosi sangat besar. Seorang pekerja keras yang cerdas mampu berpikir jernih meski tersulut emosi, tetap dapat bekerja sama mewujudkan tujuan bersama dengan bersikap proporsional dan profesional. 

9.        Dapat diandalkan

Seseorang pekerja keras yang cerdas pasti dapat dipercaya dalam pekerjaannya. Mereka memiliki sikap kerja yang profesional sehingga dapat membantu rekan kerja. Seorang pekerja keras yang cerdas akan berusaha membuat diri mereka berguna bagi banyak orang di tempat kerja dan di masyarakat.

10.  Terus Belajar dan meningkatkan Skill 

          Kemajuan zaman selalu memunculkan tantangan baru. Oleh karena itu, tidak ada cara lain kecuali terus belajar agar pengetahuan dan wawasan bertambah. Tidak kalah pentingnya pula meningkatkan skill agar mampu menjawab semua permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja. Terlebih di era 4.0, penguasaan terhadap teknologi tidak boleh diabaikan.


11.  Mengevaluasi diri sendiri

Manusia tidak sempurna, setiap orang memiliki kekurangan, termasuk kesalahan dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Semua orang tahu mengalami masalah ini, namun seorang pekerja keras yang cerdas senantiasa mengevaluasi diri mereka sendiri dalam rangka mencoba memperbaiki kekurangan mereka agar dapat terus berkembang.

Semoga bermanfaat, aamiin.

1 komentar

  1. Selain bekerja keras kita mmng hrus bkerja cerdas untk mncapai target yg d harapkan se efisien mungkin. Terima kasih untk tulisan yg menginspirasi