Tingkatkan Kepekaan Sosial & Memperkuat Silaturahmi di Bulan Suci

 


Silaturahmi dalam Islam bukan hanya tradisi tetapi juga sunnah Nabi Muhammad SAW. Meski amalan ini menjadi salah satu program utama di saat Idul Fitri atau Idul Fitri, namun sebenarnya kita bisa berkumpul kapan saja. Kita harus bersilaturahmi agar tercipta Ukhuwah Islamiyah yang kuat dan terjaganya hubungan yang baik antara kita sebagai sesama umat Islam. Banyak keutamaan yang kita peroleh dengan menjaga tali silaturahmi, antara lain bertambahnya rejeki dan umur yang Panjang sebagaimana sabda Rasulullah saw: "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari – Muslim).

Silaturahmi sangat penting dalam kehidupan. Apabila kita tidak menjalin silaturahmi, maka kemampuan berempati akan berkurang dan sifat egois akan muncul padahal sifat ini sangat merusak hubungan antara sesama. Akibatnya menimbulkan ketidakpekaan terhadap masalah yang dihadapi orang lain bahkan mungkin lebih buruk lagi yaitu mementingkan keperluan diri sendiri tanpa merasa malu walau mengetahui perbuatan yang dilakukan dapat merugikan orang lain. Silaturahmi akan menumbuhkan rasa empati dan menjauhkan kita dari sikap egois. Dengan bersilaturahmi, kita akan belajar menghargai dan menghargai orang lain.. Pada saat kita berkunjung ke tempat saudara atau teman, kita mendengarkan cerita mereka dan turut merasakan apa yang mereka keluhkan. Dengan demikian, akan muncul keinginan untuk membantu atau memaklumi suatu keadaan. Dengan mendengarkan keluh kesah mereka, kita akan bisa menghilangkan kesalahpahaman yang terjadi selama ini antara kita dengan orang lain.


Selain dapat menambah empati dan menghindari sikap egois, silaturahmi juga dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dengan sesama. Momentum saling memaafkan saat bersilaturahmi dapat menciptakan hubungan emosional menjadi lebih erat dan akrab. Dengan silaturahmi, teman kita juga akan bertambah. Pada awalnya kita hanya mengenal satu orang, kemudian kita juga akan mengenal teman dan kerabat orang tersebut. Keutamaan silaturahmi berikutnya ialah menjauhkan pelakunya dari neraka. 

    Seorang Muslim yang memulihkan kekerabatan akan dibebaskan dari neraka. " (HR Bukhari dan Muslim). Dengan banyaknya keutamaan silaturrahmi, seseorang harus terus menjaganya karena memutuskan hubungan juga dianggap dosa besar, bahkan mengancam masuk neraka. Allah SWT melaknat orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan diantara mereka. Rasulullah Saw pun mengatakan bahwa pemutus tali silaturahmi tidak akan masuk syurga (HR. Bukhari dan Muslim. Menyambung silaturahmi dengan berkunjung ke panti asuhan dapat meningkatkan kepekaan sosial. Walau sejenak bercengkrama berkumpul mereka, kita akan turut merasakan kehidupan yang dijalani anak-anak panti asuhan tidaklah mudah. Di antara mereka ada yang sudah tidak memiliki kedua orang tua. Ada anak yang hanya memiliki ayah atau ibu, dan ada juga yang kedua orang tuanya masih hidup, namun karena. keterbatasan finansial dengan sangat terpaksa mereka dititipkan ke panti asuhan dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan dapat melanjutkan studi. Dengan melihat secara langsung kehidupan anak-anak panti asuhan, akan tumbuh pada diri kita rasa empati dan peduli kepada sesama. Terlebih lagi di bulan suci Ramadhan.

Para mahasiswa yang tergabung dalam LPM Lentera UNISKA Banjarmasin, salah satu UKM Universitas Islam Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Salah satu program kerja yang diinisiasi oleh Putra Nanda, ketua umum lembaga pers mahasiswa ini adalah menumbuhkan rasa empati dan peduli para anggotanya dengan melakukan bakti sosial. Dalam kesempatan ini, tempat yang dikunjungi adalah Panti Asuhan Al Muddakir yang beralamat di Jl Benua Anyar Banjarmasin. Dalam sambutannya pada Sabtu, 9 April 2022, Putra Nanda mengatakan bahwa bakti sosial LPM Lentera merupakan wujud dari kepedulian dan rasa kemanusiaan para mahasiswa UNISKA khususnya mahasiswa yang tergabung dalam LPM Lentera terhadap sesama. Putra Nanda mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan di bulan penuh berkah ini dapat merekatkan rasa kekerabatan, menguatkan  rasa persaudaraan dan meningkatkan empati mahasiswa terhadap orang lain yang membutuhkan. Di akhir sambutannya, mahasiswa jurusan Teknik Informatika UNISKA yang terpilih dalam program kampus merdeka belajar ini juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gunawan, anggota muda LPM Lentera selaku ketua panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan dengan lancar dan sukses. Tak lupa pula ungkapan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Ahmad Baihaqi, perwakilan dari Panti Asuhan Al Muddakir.


Dalam kegiatan bakti sosial ini, UKM Lentera melakukan aksi bersih-bersih dan memberikan bingkisan sebagai tanda mata. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WITA, ditutup dengan acara buka puasa bersama para anggota rombongan UKM Lentera UNISKA, pengurus dan anak-anak Panti Asuhan Al Muddakir.

 

Posting Komentar