Sampel Penelitian


Sebuah informasi akan dipercaya apabila diberitakan oleh sumber yang diyakini kredibilitasnya. Demikian pula halnya di bidang penelitian, laporan riset akan diakui khalayak jika informasinya akurat.
  Sumber data sangat menentukan kualitas penelitian. Akurasi kesimpulan ditentukan dari mana data yang diolah untuk menghasilkan informasi tersebut diperoleh. Sumber data adalah orang yang memberikan data atau disebut juga  partisipan penelitian. Kumpulan para partisipan penelitian kualitas atau karakternya telah ditentukan peneliti untuk diteliti disebut dengan populasi.
     Tingkat kepercayaan publik terhadap informasi dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas sumber data. Narasumber yang representatif menjadi kunci kualitas. Begitu pula jumlah sumber datanya. Pada praktiknya, sangat sulit melibatkan seluruh populasi karena keterbatasan waktu, biaya dan tenaga. Oleh sebab itu, tidak semua populasi dilibatkan,cukup perwakilannya saja. Bagian dari populasi yang dianggap reprentasi dari populasi disebut sampel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel adalah bagian dari populasi atau wakil populasi yang bersedia secara suka rela menjadi partisipan penelitian. 
         Pengambilan sampel menjadi tahapan penting dalam sebuah penelitian. Kesalahan  cara memilih sampel berdampak pada kualitas data yang akan diproleh. Terdapat dua cara mengambil sampel, yaitu: (1) Pengambilan sampel dengan teknik probabilitas, dan (2) Pengambilan sampel dengan teknik nonprobabilitas.

Teknik Pengambilan Sampel Probabilitas
Teknik pengambilan sampel probabilitas adalah teknik rekrutmen pengambilan sampel yang memberikan kesempatan kepada seluruh anggota populasi untuk dapat terpilih sebagai sampel penelitian. Ada beberapa jenis teknik pengambilan sampel probabilitas, yaitu:
1. Random Sampling / Acak sederhana
    Setiap anggota populasi mendapatkan kesempatan menjadi sampel penelitian karena memiliki kemungkinan terpilih secara acak. Misalnya, semua nama peserta arisan mempunyai peluang yang sama namanya keluar dari kotak arisan. 

2. Systematic random sampling / Acak sederhana sistematis
    Seperti teknik random sampling, pada teknik ini setiap anggota populasi juga berkesempatan terpilih menjadi sampel penelitian pada tahap awal. Namun, pada tahapan pengambilan sampel berikutnya harus mengikuti interval yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Stratified random sampling
    Pengambilan sampel dengan membagi populasi ke dalam strata/ tingkatan atau kriteria  tertentu. Teknik stratified random sampling terdiri dari: (1) Proportional Stratified Random Sampling,  dan (2) Disproportional Stratified Random Sampling.
    
  •     Proportional Stratified Random Sampling
            Peneltiti mengambil sampel dari tiap kelompok strata/ tingkatan yang terdapat dalam populasi secara proporsional, yaitu menyesuaikan jumlahnya dengan jumlah anggota dari tiap kelompok tersebut.
  •    Disproportional Stratified Random Sampling
            Peneliti mengambil sampel dari tiap kelompok strata/ tingkatan yang terdapat dalam populasi namun kurang proporsional karena adanya perbedaan jumlah populasi di setiap kelompok
 
4. Cluster random sampling
    Peneliti membagi populasi ke dalam beberapa kelompok (cluster), setelah itu peneliti mengambil kelompok tersebut secara acak untuk dijadikan sampel penelitian.

Teknik Pengambilan Sampel Nonprobabilitas
Teknik pengambil sampel nonprobabilitas adalah teknik rekrutmen pengambilan sampel yang tidak memberikan kesempatan kepada anggota populasi untuk dapat terpilih menjadi partisipan penelitian. Ada beberapa jenis dalam teknik ini, di antaranya:

1. Purposive sampling
    Peneliti memilih sampel dengan pertimbangan tertentu. Data yang diperoleh melalui teknik ini tidak dapat digunakan untuk menggeneralisasi populasi secara keseluruhan.

2. Snowball sampling
    Apabila data yang diperoleh dari partisipan penelitian melalui teknik purposive sampling dirasakan kurang cukup, maka peneliti dapat menambah jumlah partisipan berdasarkan rujukan dari partisipan penelitian, inilah yang dimaksud dengan teknik pengambilan sampel cara snowball sampling

1 komentar

  1. Maju terusss ruang diskusi